Dokter di Tiongkok Meresepkan Minum Coca-Cola untuk Mengobati Batu Lambung dan Pasien Kini Sudah Sembuh

Erabaru.net. Seorang dokter di Tiongkok yang meresepkan minuman ringan Coca-Cola sebagai pengobatan untuk seorang pria dengan batu lambung yang besar telah dirayakan di media sosial Tiongkok.

Pasien, bermarga Li, dari wilayah otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok bagian selatan, terkejut setelah mengikuti rekomendasi dokter bahwa dia minum cola selama tujuh hari untuk menemukan batu lambungnya hilang, Star Video melaporkan.

Li telah mengalami sakit perut selama beberapa hari ketika dia pergi ke rumah sakit setempat untuk meminta bantuan. Setelah pemeriksaan medis, dia diberitahu bahwa dia memiliki batu seukuran telur angsa di perutnya.

Dokter bertanya kepada Li tentang kebiasaan makannya dan percaya bahwa kesemek yang disukai Li- lah yang menyebabkan batu itu berkembang.

Dokter menyarankan dia minum minuman ringan cola sebagai pengobatan. Meskipun bingung dengan saran yang tidak lazim ini, Li mengikuti saran tersebut dan telah minum 100ml es Coca-Cola setiap hari.

Dia meragukan kelayakan resep, sementara tingkat rasa sakit dalam dirinya menurun. Dia kembali ke rumah sakit untuk pemeriksaan ulang satu minggu kemudian.

Dalam video pemeriksaan, Li terlihat berbaring di tempat tidur saat dokternya melakukan pemeriksaan gastroskopi. Di sampingnya terlihat dua botol besar cola yang telah disiapkan dokter untuknya.

Yang mengejutkan Li, gastroskopi mengungkapkan batu lambung telah menghilang.

Dokter mengatakan bahwa meskipun minuman cola dapat melarutkan batu lambung, itu adalah kasus per kasus dan pasien harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum menggunakan minuman cola sebagai pengobatan.

Sementara beberapa penelitian menunjukkan minum cola bisa efektif dalam beberapa kasus, pengobatannya dapat menyebabkan komplikasi dan masalah kesehatan lainnya. Banyak makalah yang mengomentari pendekatan yang tidak biasa ini mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum diadopsi sebagai pengobatan yang aman untuk batu lambung.

Dokter keluarga Hong Kong Amy Wang mengatakan: “Yang disebut ‘batu lambung’ sebenarnya adalah phytobezoars lambung, yang merupakan kumpulan bahan yang tidak dapat dicerna yang dapat tersangkut di perut.”

“Biasanya, untuk membantu memecah dan melarutkan bezoar ini, menggunakan coke atau selulase apa pun yang dilarutkan dalam air juga dapat memiliki efek yang sama. Kami juga dapat memberikan jenis obat lain yang disebut metoclopramide, yang juga akan merangsang pergerakan bezoar melalui perut untuk membantu pencernaan.”

Wang menambahkan: “Sebenarnya ada tinjauan sistematis yang dilakukan yang menunjukkan bahwa penggunaan coke bisa efektif dalam melarutkan phytobezoar lambung di setengah dari kasus. Tetapi tentu saja, bagi mereka yang mengalami obstruksi atau gejala sedang hingga berat, maka kami menyarankan untuk mengobatinya dengan endoskopi sebagai pengobatan yang lebih standar.”

Kisah tersebut telah menghasilkan minat yang signifikan di media sosial Tiongkok, pada saat penulisan, sebuah posting di Weibo dengan video tersebut telah menarik puluhan juta tampilan.

Seorang komentator berkata: “Dokter mengambil tindakan yang tepat. Begitulah cara kerja dokter yang baik.”

Yang lain berkata: “Itu dokter yang sangat baik. Mereka tidak meresepkan setumpuk obat mahal atau mengusulkan untuk melakukan operasi.”

“Cola diproduksi sebagai obat dan dijual di apotek sebelum menjadi minuman ringan,” kata yang lain.

“Penelitian pengobatan Tradisional Tiongkok di Kompendium Materia Medica mengatakan semua hal di alam semesta bisa menjadi obat, jadi mengonsumsi cola sebagai terapi masuk akal,” tulis komentator lain.

Kisah serupa juga terjadi pada Februari tahun ini. Beberapa dokter di Shanghai merekomendasikan seorang gadis berusia empat tahun dengan batu lambung sepanjang 4 cm minum sekaleng cola untuk membantu memecahnya. (yn)

Sumber: asiaone