Pria Ini ‘Menipu Kematian’ Selama Hampir 40 Tahun Karena Tinggal di ‘Zona Biru’ di Mana Orang Bisa Hidup Lebih Lama

Erabaru.net. Seorang pria yang ‘menipu kematian’ selama hampir 40 tahun setelah tinggal di ‘zona biru’, bagian dari dunia di mana orang-orang secara ilmiah terbukti hidup lebih lama.

Itu telah digambarkan sebagai ‘pulau di mana orang lupa untuk mati’, dan sementara reputasi seperti itu mungkin terdengar fantastis, sains (semacam) mendukung hype.

Ini adalah Pulau Ikaria di Yunani , yang digambarkan sebagai salah satu ‘zona biru’ di dunia di mana orang hidup secara signifikan lebih lama dari harapan hidup rata-rata orang di tempat lain, dan satu orang berhasil menipu kematian selama beberapa dekade.

BBC berbicara dengan penduduk Ikaria, Stamatis Moraitis, yang menjelaskan bahwa pada tahun 1976 dia telah didiagnosis kanker dan diberitahu bahwa dia memiliki waktu antara enam dan sembilan bulan untuk hidup.

Memikirkan biaya pemakaman di AS sangat tinggi, dia memutuskan untuk pindah kembali ke pulau asalnya di mana dia bisa ‘mulai minum anggur dan menunggu hari’ kematian merenggutnya.

Namun, seiring berjalannya waktu dia malah menemukan bahwa dia merasa lebih kuat dan setelah melewati sembilan bulan tanpa kematian dia menyadari bahwa dia mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk hidup daripada yang dikatakan dokter kepadanya.

Diberitahu bahwa dia memiliki paling banyak sembilan bulan tersisa untuk hidup, dia malah bertahan selama hampir 40 tahun lagi dan meninggal pada usia 98 (resmi) atau 102 (menurutnya) pada tahun 2013.

Dia menempatkan kesehatan dan pemulihannya ke udara bersih, makanan enak dan kehidupan bebas stres di pulau itu, juga bercanda bahwa ‘anggur membantu’.

Menurut National Library of Medicine, penelitian telah menunjukkan bahwa hanya sekitar 20 persen dari harapan hidup seseorang ditentukan oleh genetika mereka, sisanya adalah gaya hidup.

Namun, studi ke ‘zona biru’ menemukan bahwa meninggalkan tanggung jawab untuk gaya hidup sehat ke individu tidak bekerja, tetapi memiliki orang yang tinggal di tempat yang sehat tampaknya.

Jika Anda ingin pergi ke suatu tempat di dunia di mana orang-orangnya hidup lebih lama, maka Anda memiliki daftar tujuan perjalanan yang cukup banyak di tangan Anda.

Bersama dengan Pulau Ikaria di Yunani, lokasi ‘zona biru’ lainnya di seluruh dunia termasuk Pulau Okinawa di Jepang, Pulau Mediterania Sardinia, Loma Linda di California dan Semenanjung Nicoya di Kosta Rika.

Orang-orang yang tinggal di bagian dunia ini secara statistik hidup lebih lama, hidup lebih sehat dan cenderung tidak mengalami penderitaan serius di kemudian hari.

Adapun mengapa demikian, Healthline mengklaim itu karena orang-orang di daerah ini memiliki pola makan yang jauh lebih sehat dengan makanan yang diproduksi di daerah setempat menjadi jenis yang selalu dikatakan dokter bahwa Anda harus makan lebih banyak.

Beberapa dari tempat-tempat ini juga mempraktikkan kebiasaan tertentu yang dianggap membuat mereka hidup lebih lama dari biasanya, karena penduduk Okinawa hanya makan sampai sekitar 80 persen kenyang, dan asupan kalori yang sedikit lebih rendah dimaksudkan untuk baik untuk Anda.(yn)

Sumber: unilad