‘Penyakit Aneh’ Kelainan Bentuk Tulang Belakang Menyebabkan Tumbuhnya Rambut Tebal di Punggung Gadis Remaja di Tiongkok

Erabaru.net. Seorang gadis berusia 17 tahun di Tiongkok telah menjalani operasi tulang belakang untuk kelainan bentuk yang menyebabkan pertumbuhan rambut tebal di punggung bawahnya dan menyebabkannya rendah diri bagi remaja yang malu itu.

Gadis Beijing, bermarga Wu, mengatakan ada rambut di sekitar punggung bawahnya sejak masa kanak-kanak yang tumbuh seiring bertambahnya usia, situs berita Btime.com melaporkan.

“Ini adalah area berukuran besar, jadi saya tidak berani memakai pakaian terbuka,” kata Wu.

“Ketika saya perlu berganti pakaian atau mandi di asrama sekolah, saya berusaha menghindari terlihat oleh orang lain.”

Wu dulu mengira dia memiliki “penyakit aneh” ketika dia masih muda.

Ibunya, yang tidak disebutkan namanya dalam laporan tersebut, mengatakan pertumbuhan rambut putrinya telah menjadi “titik yang menyakitkan” baginya, karena dia selalu khawatir akan menderita gejala yang lebih serius di masa depan.

Ketakutannya terwujud empat bulan lalu ketika Wu mengatakan dia merasakan sakit yang menyakitkan dan ketidaknyamanan di kakinya.

“Saya tidak bisa mengendalikan kaki saya, dan saya merasa mati rasa di dalamnya,” kata Wu.

Di rumah sakit, Wu didiagnosis dengan serangkaian cacat perkembangan bawaan di tulang punggungnya.

“Pertumbuhan rambut yang berlebihan hanyalah gejala yang terlihat dari kelainan bentuk ini yang sebenarnya dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya,” kata Wang Zuowei, spesialis bedah saraf di Rumah Sakit Xuanwu Beijing.

Dokter melakukan operasi menggunakan mikroskop untuk mengambil beberapa tulang kecil dari tulang belakang Wu dengan hati-hati.

“Operasi berhasil, dan saya sangat senang,” kata ibunya. “Pemulihannya jelas. Saya percaya kondisinya akan menjadi lebih baik dan lebih baik.”

Kondisi medis langka Wu telah menjadi salah satu item berita yang paling dicari di internet Tiongkok, dengan delapan juta penayangan di Douyin dan hampir enam juta penayangan di Weibo.

“Harapan terbaik untuk gadis muda ini. Semoga hidupnya bisa normal mulai sekarang,” komentar seseorang.

“Saya memiliki masalah yang sama – meskipun rambut saya tidak setebal gadis ini – sejak lahir. Saya menjalani operasi pada usia 16 tahun di Beijing. Dokter di kampung halaman saya, kota kecil, tidak mengenali kondisi ini, ”kata seseorang tentang pengalamannya sendiri. “Tujuh tahun telah berlalu, tetapi saya masih merasakan sakit pada tulang ekor jika saya duduk atau berdiri dalam waktu lama.”

Tahun lalu, media lokal melaporkan kasus seorang gadis berusia 14 tahun di China dengan penyakit langka yang membuat kulit wajahnya sangat kendur. Akibatnya, gadis itu tampak lebih tua dari ibunya yang berusia 50 tahun. Dokter mengatakan operasi plastik mungkin satu-satunya pilihan pengobatan yang efektif. (yn)

Dalam kasus lain dari tahun 2021, seorang anak laki-laki berusia 15 tahun mengalami pertumbuhan tulang ekstra di tulang punggungnya yang menonjol dari punggungnya. Dokter menduga kondisi bocah itu disebabkan oleh sejenis tumor non-kanker. Namun, mereka tidak dapat menawarkan pengobatan yang efektif untuk kondisi langka yang hanya menyerang sekitar 700 orang di dunia. (yn)

Sumber: asiaone