Flemish Giant Adalah Ras Kelinci Terbesar di Dunia

Erabaru.net. Seringkali dengan berat lebih dari 10 kilogram, Flemish Giant sejauh ini adalah jenis kelinci terbesar di dunia. Mereka juga makhluk yang sangat jinak dan menjadi hewan peliharaan yang hebat.

Awalnya breed utilitas dibesarkan di Flanders, Belgia untuk bulu dan dagingnya, Flemish Giant akhirnya menjadi breed pertunjukan, karena rasio tulang-ke-dagingnya yang tinggi.

Saat ini, mereka dianggap sebagai salah satu ras kelinci yang paling jinak dan toleran di dunia dan dapat menjadi hewan peliharaan yang hebat, jika dibesarkan dengan benar.

Menurut standar breed, Flemish Giant yang berkembang dengan baik memiliki kepala yang besar, telinga yang panjang dan tegak, tubuh yang panjang dan kuat, dan bokong yang bulat. Tidak mengherankan, kelinci terbesar di dunia adalah kelinci Flemish Giant yang memiliki berat 22 kg dan berukuran 1,3 m.

Karena ukurannya yang besar, Flemish Giant, “raja kelinci”, membutuhkan tempat tinggal yang cukup besar, serta makanan dalam jumlah besar dibandingkan dengan jenis kelinci peliharaan lainnya.

Flemish Giant adalah jenis kelinci peliharaan yang sangat tua yang dapat ditelusuri kembali ke abad ke-16. Hal ini diyakini telah diturunkan dari sejumlah ras daging dan bulu, termasuk Steenkonijn, atau Kelinci Batu Belgia.

Meskipun breed ini mendapat sedikit perhatian internasional sampai sekitar tahun 1910, ketika mulai muncul di pameran ternak kecil, ukurannya yang mengesankan membuatnya menonjol.

Hari ini, masih dibiakkan untuk daging dan bulunya, tetapi lebih populer sebagai pendamping. Jika diperlakukan dengan benar, raksasa lembut ini sangat jinak bahkan di sekitar anak kecil. (yn)

Sumber: odditycentral