Dari Pengusaha Kaya Menjadi Pedagang Kaki Lima: Bos Rantai Restoran Tiongkok yang Bangkrut Menjual Sosis untuk Membayar Utang Lebih dari 100 Miliar

Erabaru.net. Seorang mantan pengusaha kaya pemilik restoran di Tiongkok yang bangkrut telah menjadi tren di media sosial setelah menyatakan dia akan membayar utang 46 juta yuan (sekitar Rp 101 miliar) dengan menjual sosis panggang.

Tang Jian, 52 tahun, telah mendapatkan pujian dari publik Tiongkok dengan rencananya untuk mengumpulkan uang dengan mendirikan kios kaki lima di Kota Hangzhou, Tiongkok timur, untuk membayar utang jutaan yuan yang dia hadapi setelah menyatakan bangkrut, Qianjiang Evening News melaporkan.

Tang telah menjadi pengusaha sukses, memiliki beberapa restoran dan pada usia 36 tahun telah membangun kekayaan yang cukup besar.

Namun, pada tahun 2005 dia terjun ke industri teknik lansekap dan peruntungannya berubah. Semakin banyak uang yang dia investasikan dalam usaha itu, semakin banyak dia merugi.

Akhirnya, dia terpaksa menjual restoran, rumah, dan mobilnya, tetapi masih ada utang sebesar 46 juta yuan.

Saat itulah dia membuat rencana penjualan sosis.

“Setiap sosis benar-benar diisi dengan daging, dan tidak ada pati di dalamnya. Jika dibandingkan dengan yang dijual di taman hiburan atau pasar, sosis kami akan membuat Anda merasa lebih aman,” kata Tang.

Dalam sebuah video yang membahas usaha itu, Tang mengatakan dia bisa mengerti mengapa ceritanya membuat publik gelisah.

“Masing-masing dari kita menjalani kehidupan yang penuh tantangan dan menemui banyak kesulitan, tetapi kita harus mempertahankan semangat untuk tidak pernah kalah,” kata Tang.

Dia mengatakan dia tidak yakin kapan dia akan dapat melunasi utangnya tetapi yakin dia bisa mewujudkannya.

“Kita harus terus belajar menghadapi kesulitan dengan tenang dan melangkah maju dengan berani,” ujarnya.

Tang juga mendorong orang-orang yang kehilangan pekerjaan atau orang yang dicintai untuk menemukan kekuatan.

“Kita dilahirkan tanpa apa-apa. Mengapa takut memulai dari awal lagi?” Dia berkata.

Kisah Tang telah menggerakkan jutaan orang di media sosial Tiongkok, dengan banyak yang memuji ketangguhan dan sikap positifnya terhadap kehidupan.

Satu orang berkomentar: “Dia adalah pria dengan keberanian dan tanggung jawab. Salut!”

Yang lain menulis: “Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya jika saya harus mengembalikan uang itu. Mungkin saya akan pingsan.” (yn)

Sumber: asiaone