Pesan dalam Botol Berusia 135 tahun Telah Ditemukan di Bawah Papan Lantai

Erabaru.net. Seorang tukang ledeng terkejut ketika dia melepaskan papan lantai dan menemukan sebuah botol berisi pesan berusia 135 tahun.

Peter Allan sedang mengerjakan sebuah rumah di Edinburgh, Skotlandia, pada hari Senin (14/11) dan perlu memindahkan radiator, jadi dia membuat lubang di lantai untuk menemukan pipa – dan akhirnya menemukan botol wiski, berisi catatan yang digulung.

Bersemangat, tentu saja, pria berusia 50 tahun itu bergegas turun untuk memberi tahu pemiliknya.

Peter – yang memiliki WF Wightman Plumbing – mengatakan itu ditemukan di bawah apa yang akan menjadi kamar pembantu ketika rumah itu pertama kali dibangun.

“Ruangan itu berukuran 10 kaki kali 15 kaki dan saya telah memotong tepat di sekeliling botol tanpa mengetahuinya ada di sana. Saya tidak percaya,” katanya kepada BBC Skotlandia.

“Saya sedang memindahkan radiator dan membuat lubang acak untuk menemukan pipa dan itu dia, saya tidak tahu apa yang terjadi. Saya membawanya ke wanita di lantai bawah dan berkata ‘Lihat apa yang saya temukan di bawah lantai Anda.'”

Ibu dua anak Eilidh Stimpson menolak membaca pesan tersebut sampai anak-anaknya – yang berusia delapan dan 10 tahun – pulang dari sekolah.

Permainan yang adil, itu disiplin – beberapa orang hampir tidak bisa menahan diri untuk tidak membuka paket Amazon saat masih setengah jalan dari kotak surat.

“Ketika saya menjemput mereka, saya memberi tahu mereka bahwa saya memiliki sesuatu yang sangat menarik untuk diceritakan kepada mereka dan mereka berkata ‘Apakah kita akan makan hot dog untuk minum teh?'” kenang dokter itu.

“Mereka memiliki beberapa tebakan lagi dan kemudian saya memberi tahu mereka bahwa pesan dalam botol telah ditemukan di rumah kita dan mereka sangat bersemangat dan mengira itu mungkin harta karun.”

Awalnya, mereka mencoba untuk mengeluarkan surat itu dengan pinset, tetapi surat itu mulai robek.

Tertarik untuk mengawetkan surat itu, lebih daripada botolnya, Eilidh memutuskan untuk menghancurkannya dengan palu.

“Saya merasa sangat tidak enak memecahkan botol berusia 135 tahun, tetapi itu satu-satunya cara untuk mencapai catatan itu,” katanya. “Saya telah menyimpan semua potongan di bak Tupperware.

“Kami semua berkerumun dan mengarahkan obor ke sana dan mencoba membacanya, itu sangat mengasyikkan.”

Mereka akhirnya dapat menguraikan bahwa pesan tersebut telah ditulis oleh beberapa orang yang telah bekerja di sana pada abad ke-19.

Bunyinya: “James Ritchie dan John Grieve meletakkan lantai ini, tetapi mereka tidak meminum wiski. 6 Oktober 1887. Siapa pun yang menemukan botol ini mungkin mengira debu kita beterbangan di sepanjang jalan.”

Perpustakaan Nasional Skotlandia sejak itu merekomendasikan agar mereka menyimpan catatan itu di kantong bebas asam, dan itu akan bangga ditempatkan di rumah.

Mereka juga berencana meletakkan catatan baru beserta transkripsi aslinya dalam botol di tempat yang sama sebelum lubang ditutup.

Eilidh berkata: “Saya telah memesan beberapa kantong dan berpikir pada akhirnya kami akan membingkai catatan itu dengan sepotong botol berleher karena itu adalah hal yang menarik dan indah untuk dimiliki.

“Memikirkan itu tergeletak di sana sepanjang waktu dan bisa berada di sana selamanya sungguh menakjubkan. Bukan hanya dari tahun 70-an atau semacamnya, jauh lebih tua, sangat keren.”(yn)

Sumber: ladbible