Bayi Tertua di Dunia! Pasangan AS Sambut Bayi Kembar yang Lahir dari Embrio Beku Berusia 30 Tahun

Erabaru.net. Menurut CNN, pasangan dari Oregon, AS, telah memecahkan rekor dengan membawa pulang anak kembar dari embrio yang dibekukan pada April 1992, 30 tahun lalu.

Molly Gibson, lahir pada tahun 2020 dari embrio yang dibekukan selama lebih dari 27 tahun, memegang rekor sebelumnya.

Menurut National Embryo Donation Center, si kembar Lydia dan Timothy Ridgeway adalah embrio beku terlama yang melahirkan anak hidup.

Bayi laki-laki Timothy lahir dengan berat 2,92 kg, sedangkan bayi perempuan Lydia lahir dengan berat 2,5 kg.

Anak-anak tersebut lahir sebagai hasil dari donasi embrio, biasanya dari orangtua yang memiliki kelebihan embrio setelah fertilisasi in vitro (IVF) yang sukses.

Embrio disumbangkan tiga puluh tahun yang lalu oleh pasangan donor yang tidak disebutkan namanya yang telah menggunakan fertilisasi in vitro dan sudah dikriopreservasi pada suhu 200 derajat di bawah nol.

Pasangan itu memberikan embrio ke Pusat Donasi Embrio Nasional pada tahun 2007, setelah embrio dibekukan pada tanggal 22 April 1992, dan disimpan dalam penyimpanan dingin di laboratorium kesuburan di Pantai Barat (NEDC). Lydia dan Timothy lahir dari embrio beku 30 tahun kemudian.

The Ridgeways memilih untuk memiliki anak tambahan menggunakan embrio yang disumbangkan meskipun mereka sudah memiliki empat anak lain yang berusia 8, 6, 3, dan yang terkecil hampir 2 tahun. Pasangan ini secara khusus mencari donor dalam kategori “pertimbangan khusus”, yang mengacu pada embrio yang telah menantang untuk menemukan penerima.

Ridgeway berbicara kepada CNN dan berkata: “Kami tidak ingin membekukan embrio paling lama di dunia. Kami hanya ingin yang telah menunggu paling lama. Ada sesuatu yang membingungkan tentang itu. Dalam sebuah masuk akal, mereka adalah anak tertua kita, meskipun mereka adalah anak terkecil kita.”

“Saya berusia lima tahun ketika Tuhan memberikan kehidupan kepada Lydia dan Timotius, dan sejak saat itu dia memelihara kehidupan itu,” tambah sang ayah.(yn)

Sumber: Indiatimes