Murid Sekolah Dasar Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 99 Tahun

Erabaru.net. Siswa sekolah dasar tertua di dunia telah meninggal dalam usia 99 tahun di Kenya, tepat sebelum ujian akhirnya dimulai.

Priscilla Sitienei diyakini sebagai murid sekolah dasar tertua di dunia dan cucunya telah memastikan bahwa dia meninggal dengan tenang di rumahnya.

Tumbuh selama pendudukan Inggris di Kenya, Priscilla tidak pernah mendapat kesempatan untuk bersekolah sebagai seorang anak tetapi sangat percaya bahwa setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan.

Menurut BBC, dia menghabiskan 65 tahun melayani komunitasnya sebagai bidan, bahkan melahirkan beberapa bayi yang akan menjadi teman sekelasnya, sebelum mengambil kesempatan yang tidak pernah dia miliki saat kecil dan pergi ke sekolah dasar agar dia bisa belajar untuk membaca dan menulis.

Mendaftar di Leaders Vision Preparatory School, dia akhirnya belajar bersama enam cicitnya dan berharap dia bisa menjadi teladan bagi orang lain.

Dia biasa memberi tahu anak-anak yang tidak bersekolah karena mereka terlalu tua untuk itu bahwa jika dia bisa ada di sana, mereka juga harus.

Priscilla mengatakan kepada Unesco tahun lalu bahwa dia berharap keputusannya dapat memotivasi para ibu muda untuk kembali ke sekolah dan mengenyam pendidikan.

Dia berkata: “Saya ingin menunjukkan contoh tidak hanya kepada mereka tetapi kepada gadis-gadis lain di seluruh dunia yang tidak bersekolah, tanpa pendidikan, tidak akan ada perbedaan antara Anda dan seekor ayam.”

Dikenal sebagai ‘Gogo’, yang berarti ‘nenek’ dalam bahasa lokal, Priscilla mengambil bagian dalam semua kelas yang sama dengan murid-muridnya, sambil menyeimbangkan studinya dengan membantu melahirkan bayi.

Mata pelajaran favoritnya di sekolah adalah sains, pendidikan agama, dan matematika.

Awalnya ditolak dari sekolah setelah Kenya membebaskan pendidikan dasar pada tahun 2003, Priscilla dapat menunjukkan betapa berdedikasinya dia untuk mendapatkan pendidikannya dan diizinkan untuk bergabung sebagai siswa pada tahun 2010.

Di kelas dia mengenakan seragam sekolah yang sama seperti orang lain dan biasa menyuruh anak-anak yang berisik untuk diam selama pelajaran.

Pada tahun 2015 kepala sekolah David Kinyanjui berkata bahwa dia adalah ‘berkah bagi sekolah ini’ dan ‘dicintai oleh setiap murid’.

Rekor Dunia Guinness perlu diperbarui karena saat ini mereka memiliki sesama warga Kenya Kimani Maruge sebagai murid sekolah dasar tertua di dunia.

Dia berusia 84 tahun ketika pertama kali mendaftar sebagai murid sekolah dasar pada tahun 2004, dia meninggal pada tahun 2009 tahun sebelum Priscilla memulai pendidikannya sendiri.(yn)

Sumber: unilad