Monyet Berteman dengan Anak Anjing Lalu ‘Menculiknya’ dan Membawanya Jalan-jalan di Hutan

Erabaru.net. Seekor monyet nakal di Bangladesh berusaha menculik anak anjing kecil dan membawanya ke puncak pohon.

Adegan luar biasa yang ditangkap di Dhaka, Bangladesh menunjukkan primata itu mengangkat anjing kecil itu ke dalam pelukannya dan membawanya berjalan-jalan melewati hutan di taman setempat.

Monyet itu terlihat membelai teman barunya seperti yang dilakukan manusia, sebelum membawanya ke pohon untuk dipeluk.

Meskipun monyet ini mungkin bermaksud baik, kejadian tersebut hanyalah yang terbaru dari rangkaian pertemuan yang tidak biasa antara kedua spesies yang tidak selalu berakhir dengan baik.

Tahun lalu seekor anak anjing peliharaan harus diselamatkan setelah diculik oleh monyet liar, yang menyanderanya selama tiga hari sebelum pemiliknya berhasil merebutnya kembali.

Saru, seekor anjing hitam-putih berusia dua minggu, diculik oleh seekor primata di Malaysia dan dibawa ke atas tiang listrik, di mana dia menolak segala upaya untuk mengembalikan anak anjing itu ke manusianya.

Pengamat Cherry Lew Yee Lee berkata: “Anak anjing itu tampak lelah dan letih tetapi monyet itu tampaknya tidak menyakitinya.”

“Monyet itu hanya memegangi anak anjing itu sambil bergerak-gerak.”

“Sepertinya dia memperlakukan anak anjing itu sebagai teman atau bayinya, itu sangat aneh.”

“Namun, kami masih perlu menyelamatkan anjing malang itu karena tampaknya kelaparan.”

Cherry dan tetangganya mencoba tiga kali untuk menyelamatkan Saru, tetapi monyet itu terus melarikan diri ke kabel listrik dan pohon sambil menggendong anak anjing itu.

Akhirnya mereka bisa menyelamatkan anak anjing itu setelah melemparkan benda ke monyet sampai menjatuhkan Saru ke semak terdekat dan melarikan diri.

Seorang penduduk setempat kemudian membawa pulang Saru untuk memberinya makan dan memeriksa luka-lukanya, dan akhirnya mengadopsi anak anjing yang bingung itu setelah dianggap diambil dari kotoran hewan liar setempat.

Tetapi meskipun hubungan anjing – monyet sering tampak sepihak, ternyata tidak selalu seperti itu.

Seekor anjing Kolombia akhirnya mengadopsi seekor monyet pada tahun 2018 setelah secara tragis kehilangan kelima anak anjingnya.

Bayi monyet diperkenalkan kepada anjing dalam upaya untuk membangkitkan semangatnya, serta memberinya monyet untuk membesarkannya.

Pasangan itu dengan cepat menjadi tidak terpisahkan, dan sering terlihat bermain-main bersama di lingkungan lokal mereka, dengan monyet yang menunggangi punggung ibu angkatnya.

“Apa yang dikatakan beberapa penduduk kepada kami adalah anjing itu memiliki anak, tetapi sayangnya, karena alasan yang tidak diketahui, anak-anak anjing itu mati,” kata seorang petugas polisi.

“Dan monyet itu juga dibawa keluar dari habitatnya ketika masih sangat muda. Dia [anjing] merawatnya, memberinya makan dan mereka menjalin hubungan. Monyet ini tidak akan turun dari anjingnya… sepanjang hari, dia telentang.”

Pejabat telah berusaha untuk melepaskan monyet – yang dicuri oleh pemburu dan dijual di pasar gelap – kembali ke alam liar. Namun ada pula yang mengatakan ikatan antara kedua makhluk itu cukup kuat sehingga mereka harus tetap bersama. (yn)

Sumber: metro