Ahli Bedah di Tiongkok Mengeluarkan 61 Manik-manik Magnet dari Perut Gadis Berusia 4 Tahun

Erabaru.net. Dokter di Timur timur harus mengeluarkan 61 manik-manik magnet dari perut seorang gadis berusia empat tahun dan menambal lebih dari selusin lubang yang telah mereka buat di dinding ususnya, lapor media lokal.

Manik-manik seukuran kacang kedelai yang dijadikan mainan pendidikan populer ditemukan di dalam tubuh anak bernama Xiaoyou, ketika dia dirontgen di sebuah rumah sakit di Hangzhou, Provinsi Zhejiang pada akhir pekan lalu.

Gadis kecil itu menderita sakit perut berulang kali selama sebulan terakhir, kata City Express.

“Dia harus menjalani tiga jam operasi untuk menghilangkannya karena bentuk perawatan yang kurang invasif tidak akan berhasil,” kata dokter Chen Qingjiang dari Rumah Sakit Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang, yang bertanggung jawab atas kasus tersebut.

Bola magnet kecil, yang dicurigai dokter telah dia telan pada kesempatan yang berbeda, tertarik satu sama lain setelah mereka tiba di berbagai bagian saluran ususnya, membuat mereka saling menempel dan menyebabkan perforasi.

“Setelah kami mengekuarkan manik-manik kami menemukan 14 lubang. Kami memperbaikinya satu per satu dan semuanya berjalan lancar. Tapi bagi anak itu, operasi itu masih merupakan trauma besar,” kata dokter tersebut.

Dia sekarang pulih, tetapi menghadapi risiko yang lebih tinggi dari adhesi usus dan obstruksi di masa depan sebagai akibat dari cobaan beratnya, tambah Chen.

Orangtua Xiaoyou tidak tahu dia telah memakan manik-manik itu dan terkejut melihat sinar-X.

Mereka mengatakan dia mengeluh sakit perut selama sebulan sebelum mereka membawanya ke rumah sakit.

Manik-manik magnet dapat dibeli dengan mudah baik online maupun offline di toko-toko sebagai mainan pengembangan kreativitas yang memungkinkan anak membangun struktur yang berbeda.

Namun keselamatan mereka dipertanyakan setelah serangkaian kasus menelan baru-baru ini.

Chen mengatakan rumah sakitnya menangani 87 kasus seperti itu pada akhir tahun lalu.

“Pada tahun 2020, ketika manik-manik paling populer, kami mengalami beberapa kasus seperti itu setiap bulan,” katanya.

Pada tahun 2020, para dokter di Jinan, Provinsi Shandong, Tiongkok timur, terkejut menemukan 190 manik-manik magnet yang dimasukkan ke dalam perut seorang gadis berusia lima tahun.

Keluarganya sadar bahwa dia kadang-kadang memakan manik-manik itu tetapi hanya membawanya ke rumah sakit setelah melihat peringatan tentang mainan itu.(yn)

Sumber: asiaone