Pria yang Dijuluki ‘Papa Smurf’ Setelah Suplemen Diet Membirukan Tubuhnya

Erabaru.net. Pernah berpikir tentang smurf kehidupan nyata? Tidak perlu memikirkannya lagi karena itu sudah terjadi.

Seorang pria dari Amerika tubuhnya membiru setelah mengonsumsi suplemen makanan. Aneh kedengarannya, tapi itu benar-benar terjadi.

Paul Karason menjadi viral setelah kulitnya membiru karena menggunakan suplemen makanan untuk mengatasi masalah kesehatannya.

Karason menderita dermatitis, yang mendorongnya untuk mencari solusi untuk masalah kulitnya, menurut Daily Mail. Infeksi berkobar di wajahnya, yang membuatnya mengonsumsi suplemen makanan untuk merawat kulitnya yang teriritasi. Karason telah menemukan beberapa suplemen untuk dermatitisnya di iklan surat kabar. Iklan tersebut mengklaim bahwa koloid perak akan membantu masalah kesehatannya.

Karason tidak mendapatkan reaksi langsung dari suplemen tersebut, sehingga dia terus mengonsumsinya selama lebih dari satu dekade, dan akhirnya kulitnya membiru.

Sebagian besar ahli mengklaim bahwa senyawa dalam suplemen tersebut menyebabkan keracunan perak di tubuh Karason, yang menyebabkan warna kulitnya berubah.

Sementara perak pernah digunakan untuk mengobati infeksi, seiring kemajuan pengobatan, penisilin dengan cepat menjadi pengobatan pilihan. Senyawa itu juga dilarang oleh Food and Drug Administration (FDA) AS setelah diketahui menyebabkan penyakit yang disebut argyria.

Dengan kulit birunya, Karason segera dikenal sebagai “Papa Smurf”. Meskipun dia mengizinkan anak-anak untuk memanggilnya dengan nama panggilan dan bahkan kadang-kadang menikmatinya, dia membencinya ketika orang dewasa menggunakan nama seperti itu untuk memanggilnya.

Jandanya berbagi dalam sebuah wawancara: “Itu adalah nama panggilan yang dia tidak hargai, tergantung siapa yang mengatakannya. Jika seorang anak yang berlari ke arahnya mengatakan ‘Papa Smurf’, itu akan membuatnya tersenyum. Tapi jika itu orang dewasa, yah …”

Sebelum kulitnya berubah menjadi warna biru pucat, kulit Karason berwarna cerah, dengan banyak bintik menghiasi wajahnya. Pria itu meninggal pada tahun 2013 setelah menderita serangan jantung pada usia 62 tahun.

Pada tahun 2008, “Pria Biru” mengejutkan negara ketika dia tampil di televisi langsung untuk membagikan kisahnya dan memperingatkan orang-orang agar tidak menggunakan perak sebagai obat untuk kondisi kulit mereka. Video tersebut mengejutkan orang-orang, karena mereka menyaksikan hal yang mustahil ketika Karason menunjukkan dirinya sebelum dan sesudah di acara itu.

Dia mendemonstrasikan bagaimana dia mengonsumsi suplemennya di acara itu. Karason mengklaim bahwa solusi suplemen menyembuhkan penyakitnya seperti sinusitis dan radang sendi. (yn)

Sumber: indiatimes