Protein Berkualitas Tinggi Telah Menjadi Kesehatan Penting, Inilah Cara Memasukkannya ke dalam Diet Anda!

Erabaru.net. Jika ada satu hal yang kita pelajari dari pandemi, kesehatan yang baik mengalahkan segalanya.

Sementara multivitamin telah menjadi ritual sehari-hari, “protein berkualitas tinggi” telah mengumpulkan pasar khusus yang sadar akan kesehatan.

Agar protein dianggap “berkualitas tinggi” atau “lengkap”, ia harus mengandung semua asam amino esensial (atau penyusun protein) dalam proporsi yang tepat dan mudah dicerna.

Sementara protein hewani seperti daging, unggas, ikan, dan telur cenderung menjadi sumber protein berkualitas tinggi yang baik, protein nabati seringkali kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Namun, kedelai merupakan pengecualian. Protein nabati ini mengandung semua amino esensial menjadikannya salah satu dari sedikit sumber protein nabati yang lengkap.

Bukan berita bahwa protein membantu perbaikan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan. Namun, dalam 2 tahun terakhir, kita telah menyaksikan peningkatan kesadaran mengenai kontribusi protein terhadap kekebalan.

Sistem kekebalan kita mencakup beberapa antibodi yang mengandalkan protein. Sel kekebalan yang mendapat manfaat dari protein termasuk sitokin, fagosit, dan leukosit, yang membantu menangkis infeksi.

Berikut adalah beberapa sumber protein lengkap (atau berkualitas tinggi) yang harus Anda masukkan ke dalam makanan Anda:

1) Ayam

Ini adalah salah satu sumber protein lengkap yang paling umum. Dada ayam adalah bagian yang paling utama. Ada beberapa cara untuk memasukkan protein lengkap ini ke dalam makanan seseorang. Salad ayam, ayam gulung, ayam mentega, pizza ayam, burger ayam, dan hidangan lainnya hanyalah beberapa contoh.

2) Salmon

Ingin mengganti makanan berkalori tinggi dengan pengganti protein murni yang bernutrisi tinggi? Salmon adalah sahabat baru Anda. Salmon goreng, salmon berlapis bawang putih madu, Salmon Noodle Bowl, Salmon BBQ, dan Brussels Bake adalah cara lezat untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda.

3) Kedelai

Kedelai adalah satu-satunya protein nabati yang mengandung kesembilan asam amino, membuat semua makanan berbasis kedelai sebanding dengan protein hewani. Itu juga memperbaiki jaringan, membangun otot dan memperbaharui sel.

4) Tahu /Tempe

Tahu adalah protein lengkap yang juga mengandung lemak, karbohidrat, serta berbagai vitamin dan mineral. Ini memiliki beberapa manfaat kesehatan, oleh karena itu memasukkannya ke dalam makanan Anda akan membantu Anda menjaga kesehatan yang kuat.

5) Quinoa

Makanan nabati bebas gluten dan berprotein tinggi ini adalah salah satu makanan kesehatan paling populer di luar sana. Ini juga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, dan vitamin E. Salad quinoa, nasi goreng quinoa, pancake quinoa, sup quinoa ayam, dan bubur quinoa labu adalah cara yang enak untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda.

6) Telur

Telur rata-rata memiliki sekitar 7-6 gram protein. Setidaknya 60% protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya. Itu salah satu makanan yang bisa dikonsumsi kapan saja sepanjang hari dan melayani berbagai fungsi. Telur Rebus dan Roti Alpukat, Muffin Telur, Burger Ham dan Telur, Quiche, dan lebih banyak makanan dapat disiapkan dengan mudah hanya dalam beberapa menit.

Buatlah Pilihan yang Sehat, Setiap Hari!

Sekarang setelah Anda mengetahui protein berkualitas tinggi dan kontribusinya yang luar biasa terhadap kekebalan, mengapa tidak memasukkannya ke dalam makanan Anda mulai hari ini!

Anda tidak dapat mengontrol apa yang terjadi di luar, tetapi Anda bisa mengontrol apa yang terjadi di dalam. Jadi buatlah pilihan yang sehat, setiap hari.(yn)

Sumber: indiatimes