Anak 4 Tahun Sakit Parah, Dokter Menemukan Gelang Magnet di Perutnya

Erabaru.net. Dokter tercengang setelah menemukan bahwa rasa sakit “kolik” seorang anak berusia empat tahun ternyata disebabkan oleh gelang magnet yang dia telan.

“Kami mempresentasikan kasus seorang anak laki-laki berusia 4 tahun yang menelan banyak manik-manik magnet,” bunyi studi kasus yang mengkhawatirkan, yang dijadwalkan akan diterbitkan pada Februari 2023 dalam “Journal Of Pediatric Surgery Case Reports.”

Menurut artikel tersebut, anak tersebut telah dibawa ke rumah sakit setelah mengalami sakit “perut kolik” selama dua hari, termasuk “beberapa episode muntah dan sembelit,” lapor Jam Press.

Setelah pemeriksaan, dokter awalnya mendiagnosa bocah itu dengan radang usus buntu akut dan mengangkat usus buntunya. Namun, sakit perutnya tetap ada dan dia bahkan mulai muntah empedu tiga hari setelah prosedur.

Setelah gejalanya masih belum mereda dua hari kemudian, dokter melakukan USG untuk melihat apa yang salah.

Saat itulah mereka menemukan penyebab mengejutkan dari rasa sakitnya: anak itu memiliki gelang magnet di perutnya. Sinar-X yang menyertai menunjukkan benda asing, yang menunjukkan lingkaran manik-manik buram bersarang di dalam rongga perut anak.

Orangtuanya sama tercengangnya dengan para dokter karena mereka tidak melihat putra mereka menelan sesuatu yang tidak biasa.

Lebih buruk lagi, perhiasan yang menyusup ke dalam tubuh telah menghalangi usus anak laki-laki itu dan bahkan membuat lubang di perutnya. Untuk mencegah lebih banyak kerusakan, dokter melakukan laparotomi darurat — operasi di mana ahli bedah membuat sayatan di rongga perut — dan melepas gelang, yang terdiri dari 18 manik-manik magnet berbentuk heksagonal. Mereka juga memperbaiki lubang di dinding usus bocah itu.

Syukurlah, anak tersebut pulih dengan cepat dan dipulangkan sementara janji tindak lanjut mengungkapkan bahwa dia dalam keadaan sehat.

Dalam insiden serupa pada tahun 2020, seorang anak berusia 5 tahun di Tiongkok begitu terpikat dengan magnet sehingga ia menelan 123 manik-manik magnet — yang harus dikeluarkan dari perutnya selama operasi empat jam.(yn)

Sumber: nypost